Memek, Primadona Kamus Kuliner dari Beras Ketan dan Pisang Kepok

Kuliner tradisional memek dari Kabupaten Simeulu (Foto Prohaba)

JAKARTA, Makansedap.id – Memek, primadona kamus kuliner dari Kepulauan Kabupaten Simeulue adalah santapan sederhana berbahan dasar beras ketan putih dan pisang kapok.

Memek, primadona kamus kuliner, hanya bisa ditemui pada perayaan adat Warga Kabupaten Simeulue, atau hanya disajikan sebagai menu penghormatan saat tamu bertandang ke rumah.

Selain itu, Memek, primadona kamus kuliner, juga kerap menjadi cemilan nelayan untuk mengganjal perut kala mengais rezeki di laut. Lambat laun, makanan ini mulai dikenal khalayak ramai dari luar Pulau Simeulue.

Memek, primadona kamus kuliner, pun ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia pada 2019 lalu. Sebuah prestasi yang patut dibanggakan tak hanya oleh masyarakat Simeulue, melainkan Aceh pada umumnya.

Baca Juga:   Restoran Pagi Sore, Referensi Kamus Kuliner Masakan Padang

Proses Pembuatan Memek

Pembuatan Memek, primadona kamus kuliner, cukup dari beras ketan putih, pisang kepok, dan santan kelapa.

Cara membuat Memek cukup mudah. Beras ketan putih terlebih dahulu digongseng hingga berbentuk kuning kecoklatan. Lalu, pisang kepok ditambah taburan gula secukupnya, dihaluskan dalam wadah. Kemudian, kelapa yang telah diperas menjadi santan, diguyur ke adonan pisang tersebut.

1 2

Iklan