Referensi Kamus Kuliner, Bubur Pedas Mempererat Tali Silaturahmi

Referensi kamus kuliner khas Sambas Bubur Pedas (Foto Jangkara)

JAKARTA, Makansedap.id – Bubur Pedas, referensi kamus kuliner, hingga kini menjadi pemersatu dan pengikat silaturahmi masyarakat di Desa Tebing Batu, Kecamatan Sebawi, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat,

Sebab, pembuatan bubur pedas, referensi kamus kuliner khas Sambas, yang memerlukan banyak bahan sayur-mayur dan rempah-rempah ini terasa ringan dan menyenangkan ketika dibuat bersama-sama.

Dalam proses pembuatan bubur pedas, referensi kamus kuliner, ada belasan orang berkumpul, masing-masing meracik bahan yang sudah ada. Pada sudut dapur, seorang ibu sedang menyangrai bumbu pokok dalam pembuatan bubur pedas yakni, beras, lada hitam dan putih, bawah putih, serta kelapa parut.

Setelah berwarna kecokelatan bumbu bubur pedas tersebut digiling halus, dan kemudian dimasukkan dalam air yang sedang dimasak di atas kompor, sambil sesekali diaduk agar tidak menggumpal. Bubur pedas merupakan referensi kamus kuliner khas Sambas.

Baca Juga:   Kamus Kuliner, Rawon Pecel Makanan Khas Jember

Sementara itu, sebagian ada yang melepaskan daun pakis dari ibu tangkainya. Orang Sambas menyebutnya menyangek miding, dan yang lain mencincang sayur-mayur seperti jagung, tauge, kacang panjang, kangkung, oyong, daun katuk, wortel, singkong, hingga rebung, lalu semuanya dicuci bersih. Bubur pedas merupakan referensi kamus kuliner khas Sambas.

Bumbu bubur pedas, referensi kamus kuliner, yang tak kalah penting adalah batang lengkuas muda, daun kunyit, dan daun kesum. Semua bahan dipotong tipis atau dicincang, namun ada juga yang memilih menghaluskannya dengan cara ditumbuk dan digiling.

1 2

Iklan