JAKARTA, Makansedap.id – Papua memiliki beberapa kuliner khas yang menarik untuk dicoba. Selama ini banyak orang mengenal Papeda, masakan khas Papua dengan bahan dasar sagu. Kali ini, ada Swamening, referensi kamus kuliner, dengan bahan dasar sayur-sayuran.

Di daerah asalnya, Swamening, referensi kamus kuliner, dimasak di atas tembikar tanah liat dengan menggunakan alas daun pisang. Namun, koki selebritas Ragil Imam Wibowo mendemonstrasikan cara membuat Swamening dengan alat masak lebih modern, yaitu teflon.

“Swamening, makanan Papua yang menjadi referensi kamus kuliner ini berbeda dari yang lainnya. Sebab, Swamening mempunyai level cita rasa yang berbeda,” kata koki selebritas, Ragil Imam Wibowo dalam keterangan resmi yang dibaca Makansedap.id, Minggu, 28 Januari 2024.

Bahan untuk membuat Swamening, referensi kamus kuliner, yaitu daun singkong atau daun ubi sebagai bahan utama. Selain itu ada parutan kelapa, sagu, dan wortel. Koki selebritas Ragil Imam Wibowo menambahkan, bahan lainnya agar lebih akrab di lidah masyarakat urban yaitu daun bawang, bawang merah dan bawang putih.

Baca Juga:   Menu Kuliner Sagu Papua Dilirik Qatar

Cara membuat Swamening, referensi kamus kuliner, cukup sederhana dan mudah. Bahan wortel, sagu, parutan kelapa dan daun bawang serta bawang merah dan putih tersebut dicampur rata dalam sebuah wadah dan ditambahkan garam sebagai perasa sesuai selera. Setelah bahan tercampur, alasi teflon anti lengket dengan daun pisang. Letakkan daun ubi atau daun singkong sampai menutupi daun pisang.

Lalu, tata campuran wortel dan sagu tadi di atasnya, dan tutup kembali dengan daun singkong lalu daun pisang di atasnya. Tutup teflon dan panaskan dengan api besar.

1 2

Iklan