JAKARTA, Makansedap.id – Karedok adalah kuliner populer khas Jawa Barat. Makanan tradisional ini sangat sehat bagi tubuh karena berbahan dasar sayuran mentah.

Karedok mirip dengan menu gado-gado dan pecel. Namun perbedaannya, sayuran pada menu karedok disajikan mentah, tidak direbus seperti gado-gado atau pecel.

Karena itu, proses pemilihan sayuran harus teliti. Sayuran yang dipilih untuk karedok harus segar, tidak layu, dan tidak busuk. Sayuran mentah itu harus dicuci hingga bersih sebelum disajikan.

Cara membuat menu karedok sangat mudah. Seperti dilansir dari Resep Masakan Tradisional Nusantara Jilid I, adalah membuat bumbu kacang dengan cara diulek atau menggunakan blender.

Bahan bakunya adalah 250 gram kacang tanah goreng, 6 cabai rawit rebus, 6 cabai merah rebus, 5 cm kencur, 3 bawang putih, 1 sendok makan (sdm) gula merah, garam secukupnya, jeruk limau, dan 150 gram oncom bakar.

Baca Juga:   Begini Konsep Wisata dan Kuliner Halal Bengkulu

Langkah berikutnya, cuci bersih dan iris-iris sayuran sesuai selera. Sayuran yang biasa dipakai untuk karedok, adalah 5 kacang panjang, 2 lembar kol, 3 terong lalap, 1 buah mentimun, 50 gram tauge, dan kemangi.

Setelah disusun di atas piring, sayuran yang sudah dipotong bisa langsung ditaburi bumbu kacang. Karedok bisa dinikmati dengan kerupuk putih, merah atau kerupuk sagu. Hidangan penutup bisa dilengkapi dengan segelar air teh tawar hangat atau air putih hangat. Selamat menikmati. (M2)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan