JAKARTA, Makansedap.id – Sambal kaluku, kuliner khas Makassar, Sulawesi Selatan, mampu membangkitkan selera makan.

Sambal kaluku adalah kuliner tradisional yang dimasak menggunakan kelapa muda dan ikan gabus asin sebagai bahan olahan utamanya.

Di Makassar, sambal kaluku ini telah menjadi menu masakan harian. Seperti dikutip dari Resep Masakan Tradisional Nusantara Jilid I, pembuatan sambal kaluku bisa dipraktikkan di rumah.

Tahap pertama, menyediakan bahan olahan utamanya, yaitu kelapa muda ¼ butir kupas bersih dan parut, serta cincang kasar ikan gabus asin yang sebelumnya sudah direndam di air sampai empuk.

Selanjutnya, tumis matang sampai tercium bau harum bahan olahan utama yang tadi telah dipersiapkan. Semua itu dicampur dengan bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan, yaitu 10 cabai merah, 2 bawang putih, 3 bawang merah, 1 batang daun seledri, 4 lembar daun jeruk, garam. Sambal kaluku ini bisa dinikmati untuk 4-5 orang.

Baca Juga:   Begini Tips dan Trik Memotong Keju

Masyarakat Makassar biasanya menyantap sambal kaluku dengan buras, yaitu makanan sejenis lemper. Namun selain dengan buras, sambal kaluku juga enak dan cocok disajikan dengan menu kuliner berbahan ayam, ikan, seafood, atau berbagai macam gorengan, serta sepiring nasi putih hangat. Selamat memasak sambal kaluku. Jangan lupa, share artikel ini. Terima kasih. (M2)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan