JAKARTA, Makansedap.id – Resep nasi bambu Lombok menarik untuk dipelajari. Disebut nasi bambu karena diolah menggunakan bambu.

Di kalangan masyarakat Lombok, nasi bambu ini biasa disantap dalam berbagai momen istimewa, antara lain Hari Raya Lebaran dan Hari Raya Natal.

Seperti dilansir dari Resep Masakan Tradisional Nusantara Jilid I ini, untuk membuat nasi bambu, dibutuhkan bahan-bahan yaitu 75 gram nasi putih yang sudah matang, 20 gram bawang Bombay, 20 gram wortel yang telah dicincang halus, daun kemang sebanyak 5 gram, daging ayam fillet 25 gram, dan terakhir bambu warna berukuran besar sebanyak 1 ruas.

Proses memasak nasi bambu mudah dan praktis. Daun kemangi dan nasi yang sudah dipersiapkan tadi, hanya tinggal dicampur ke dalam tumisan wortel, bawang bombay dan daging ayam. Setelah itu diaduk pelan sampai nasi benar-benar tercampur dengan bumbu dan bahan.

Baca Juga:   Ini Alasan Kuntara Jadi Referensi Kamus Kuliner

Langkah terakhir, adalah memasukkan campuran nasi dan bumbu-bumbu tadi ke dalam bambu, kemudian kukus atau steam selama 15 menit.

Nah, nasi bambu Lombok sudah siap disantap. Sajikan dan tata di atas keranjang/piring rotan yang sudah dialasi daun pisang, dengan ayam bakar, sambal merah ulek, serta sayuran lalap sesuai selera. Selamat membuat dan mencoba Sobat Makan Sedap. (M2)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan