TOBOALI, Makansedap.id – Makanan tradisional Lakso Habang dari Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ditetapkan menjadi Warisan Budaya Tak Benda atau WBTB.

“Makanan tradisional Lakso Habang sudah masuk dalam WBTB yang ditetapkan oleh Kemendikbud Ristek,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bangka Selatan, Elfan Rulyadi di Toboali, Sabtu, 2 September 2023.

Lakso Habang, kata Elfan Rulyadi, merupakan satu dari beberapa makanan tradisional khas Bangka Selatan yang sudah diajukan melalui pencatatan WBTB sejak 2021.

“Lakso Habang ini sudah kita ajukan sejak 2021 dan baru tahun ini ditetapkan sebagai WBTB,” ujar Elfan Rulyadi.

Baca Juga:   Ini Alasan Pasien Operasi Jantung Dilarang Angkat Beban Berat

Lakso Habang, kata Elfan Rulyadi, adalah salah satu makanan khas Melayu Bangka yang sudah ada sejak 120 tahun silam. Lakso Habang biasa dinikmati sebagai kuliner khas Kota Toboali dengan kuah santan yang menggunakan bumbu-bumbu rempah yang khas dicampur dengan ikan dan ditaburi dengan bawang goreng.

Lakso Habang beberapa kali mengalami penangguhan dan perbaikan karena memerlukan kajian lebih mendalam terhadap narasi sejarah, nilai, makna dan pelestariannya.

1 2

Iklan