Begini Cara Bantu Orang Putus Asa dan Ingin Akhiri Hidup

Ilustrasi orang putus asa (Foto The Canberra Times)

JAKARTA, Makansedap.id – Psikolog klinis dewasa lulusan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, Nirmala Ika mengatakan, mendengarkan, memvalidasi dan menerima perasaan orang terdekat yang bercerita tentang kondisinya yang putus asa dan bahkan ingin mengakhiri hidup. Hal itu dapat menjadi langkah untuk membantunya.

“Ketika ada orang terdekat kita cerita mengenai kondisi mereka hingga tahap putus asa, kita perlu mendengarkan, memvalidasi dan menerima dulu perasaan itu. Jangan buru-buru dibawa ke hal positif atau dinasehati panjang lebar,” kata Nirmala Ika kepada Antara melalui pesan elektronik, Jumat, 29 Desember 2023.

Menurut Nirmala Ika, hal yang dibutuhkan orang putus asa hanya sosok yang bisa memahami, menerima dia apa adanya tanpa banyak menghakimi.

Baca Juga:   Kondom Cegah Penyakit Menular Seksual hingga 90%

Kemudian, berbicara mengenai ciri orang yang sudah putus asa dan ingin mengakhiri hidupnya. Nirmala Ika berpendapat ini cukup sulit karena biasanya dia tidak terlalu menunjukkannya.

“Mungkin mereka yang putus asa pernah menunjukkan pada orang-orang yang mereka percaya tetapi ketika respon orang-orang itu tidak sesuai yang diharapkan mungkin dia jadi tidak menunjukkan lagi,” ujar Nirmala Ika.

Merujuk pada Cleveland Clinic, ada sejumlah tanda peringatan umum pada seseorang yang berpikir untuk mengakhiri hidupnya antara lain dia mengalami kesedihan dan perubahan suasana hati yang bertahan lama, tiba-tiba menjadi tenang setelah periode depresi atau kemurungan.

1 2

Iklan