Beranda Kesehatan Begini Cara Puasa Ramadan untuk Turunkan Berat Badan
Kesehatan

Begini Cara Puasa Ramadan untuk Turunkan Berat Badan

Obesitas dapat disebabkan oleh banyak hal misalnya saja dari faktor genetik, lingkungan dengan pola makan makanan padat energi, tinggi lemak, gula, serta kurang sehat. (Foto Alodokter)

JAKARTA, Makansedap.id – Dokter spesialis gizi klinik lulusan Universitas Padjadjaran, Dr dr Gaga Irawan Nugraha, M. Gizi., Sp.GK(K) memaparkan, soal cara kuat berpuasa Ramadan. Bahkan, sekaligus sukses menurunkan berat badan adalah dengan disiplin mengatur pola nutrisi dan olahraga.

“Pertama, berbuka puasa dengan buah berair. Makan buah berair sebagai pembuka, lalu minum air dulu, sholat Maghrib dulu, baru makan nasi lengkap,” kata dr Gaga Irawan Nugraha saat ditemui usai menjadi pembicara dalam sebuah diskusi Hari Obesitas Sedunia di Jakarta, Jumat, 1 Maret 2024.

Nasi lengkap disajikan dengan aneka macam lauk berprotein hewani maupun nabati, dan sayur bervitamin. Anak yang sedang tumbuh, kata dr Gaga Irawan Nugraha, lalu ibu menyusui dan ibu hamil, wajib diberi menu tambahan sebelum dan sesudah salat tarawih untuk menambah nutrisi.

Baca Juga:   Kasus Gratifikasi Sepak Bola Spanyol, Pedro Rocha Diselidiki

Apabila ingin menurunkan berat badan selama berpuasa Ramadan, dr Gaga Irawan Nugraha menyarankan setelah menyantap menu nasi lengkap, seseorang harus berhenti makan apapun lagi sampai tiba waktu sahur.

“Begitu sahur, makan nasi lengkap lagi. Setelah itu buah yang berair lagi. Setelah itu boleh tambahan lain misalnya susu, boleh, madu satu sendok juga boleh untuk cadangan fruktosa yang disuplai sebagai glikogen di otot, itu menjaga agar puasa kita tetap segar,” kata dr Gaga Irawan Nugraha.

Halaman: 1 2
Sebelumnya

Simak Cara Menghindari Kantuk dan Lemas saat Berpuasa

Selanjutnya

Ini Bocoran Istana Kensington soal Kesehatan Kate Middleton

makansedap.id