Begini Tips Menjaga Kesehatan Mata Anak

Tips menjaga kesehatan mata anak (Foto KMN Eye care)

JAKARTA, Makansedap.id – Dr Maria Magdalena Purba, SpM, mengatakan, menjaga kesehatan mata dalam pertumbuhan anak adalah hal penting.

Dalam keterangan resmi KMN Eye Care yang dibaca Makansedap.id, Selasa, 2 Februari 2024, menjaga kesehatan mata, kata Dr Maria Magdalena Purba, bisa dimulai hal yang sederhana. Pertama, mengonsumsi makanan sehat setiap hari. Sejak kecil, anak harus menerima asupan makanan sehat dan bergizi seimbang. Anak harus mengonsumsi sayuran dan buah segar, biji-bijian dan susu. Pilih daging tanpa lemak, unggas, dan ikan. Jangan lupa kacang-kacangan dan telur.

Kedua, kata Dr Maria Magdalena Purba, menggunakan alat pelindung mata. Cedera mata pada anak dapat terjadi dari banyak hal, antara lain disebabkan cedera dari benda asing, paparan bahan kimia, trauma karena benda tajam ataupun trauma tumpul. Menyimpan mainan di tempat yang aman untuk anak Anda dapat menghindari cedera mata. Pilih kaca mata sesuai untuk olahraga seperti berenang, bersepeda, dan kacamata hitam jika bepergian ke tempat yang terik. Selalu mengenakan kacamata pelindung pada anak saat berada di sekitar bahan kimia, atau saat melakukan eksperimen sains.

Baca Juga:   Begini Cara Mengatasi Masalah Kantong Mata

Ketiga, kata Dr Maria Magdalena Purba, mencukupi kebutuhan air anak. Cara merawat kesehatan mata anak selanjutnya adalah dengan menjaga asupan air setiap harinya. Bayi membutuhkan 0,7 hingga 0,8 liter cairan per hari dari ASI atau susu formula. Sementara anak-anak membutuhkan antara 4 cangkir untuk usia 1 tahun dan 6 hingga 8 cangkir per hari untuk remaja. Air putih adalah pilihan cairan yang terbaik. Kondisi dehidrasi dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan, termasuk masalah penglihatan, seperti mata kering dan gatal.

1 2

Iklan