Cek Kesehatan dan Kelola Stres, Kunci Jaga Tubuh Sehat

Pentingnya Cek Kesehatan Rutin dan Mengelola Stres (Foto Siloam Hospitals)

JAKARTA, Makansedap.id – Praktisi Kesehatan Masyarakat, dr Ngabila Salama menyatakan, cek kesehatan rutin hingga mengelola stres menjadi sejumlah cara yang perlu dilakukan pemudik agar kesehatan dan kebugaran tubuh tetap terjaga usai merayakan Lebaran.

“Kiat sehat kembali beraktivitas sesudah libur Lebaran bisa diterapkan. Tujuannya supaya bisa tetap bugar dan produktif,” kata dr Ngabila Salama dalam pesan singkat di Jakarta, Senin, 15 April 2024.

Saat melakukan cek kesehatan rutin, dr Ngabila Salama  mengatakan, masyarakat harus memastikan, tekanan darah berada pada kondisi normal atau kurang dari 140/90 mmHg. Hal yang sama juga perlu dipastikan pada kondisi gula darah, kolestrol, lemak dan asam urat.

Baca Juga:   Dongkrak Prestasi, PBSI Fokus Perbaiki Sport Science

Bagi penderita diabetes melitus, kata dr Ngabila Salama, kadar HbA1C harus kurang dari 6,5%. Apabila kadarnya telah mencapai 5,7 – 6,4%, penderita disarankan untuk kembali memeriksakan kondisi kesehatannya per enam bulan sekali. Sebab, hal tersebut menandakan adanya potensi terkena pradiabetes.

Di samping itu, dr Ngabila Salama meminta masyarakat agar mengenyahkan asap rokok yang dapat menimbulkan sejumlah kerugian bagi kesehatan anggota keluarga lainnya.

1 2 3

Iklan