Ini Pentingnya Edukasi untuk Tepis Mitos soal Infertilitas

Pentingnya edukasi untuk menepis stigma dan mitos soal infertilitas (Foto Alodokter)

JAKARTA, Makansedap.id – Pakar fertilitas dari Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr Cipto Mangunkusumo Jakarta, Prof Dr. dr R Muharam Natadisastra, Sp.OG, Subsp.F.E.R, MPH menekankan, pentingnya edukasi untuk menepis stigma dan mitos soal infertilitas atau kondisi ketidaksuburan.

“Stigma dan mitos seringkali diakibatkan kurangnya kesadaran masyarakat terhadap kondisi infertilitas,” kata dr R Muharam Natadisastra dalam acara diskusi kesehatan tentang infertilitas di Jakarta, Kamis, 7 Maret 2024.

Menurut dr R Muharam Natadisastra, masyarakat yang tinggal di daerah pelosok masih ada yang mempercayai mitos tentang penggunaan obat herbal tertentu untuk mengatasi masalah infertilitas. Sebab, mereka belum mempunyai pengetahuan memadai tentang kerja sistem reproduksi.

Baca Juga:   Waspada, Gangguan Kesehatan Mental di Tempat Kerja

Oleh karena itu, dr R Muharam Natadisastra mengatakan, program edukasi menyeluruh dan masif perlu dijalankan untuk mengatasi persepsi yang salah tentang penanganan infertilitas.

“Masalah infertilitas bisa terjadi dari beberapa penyebab, bisa dari sperma pria, sel telur, endometrium, dan lain-lain. Herbal belum tentu bisa memperbaiki infertilitas, perlu penelitian lebih lanjut,” kata dr R Muharam Natadisastra.

1 2

Iklan