Beranda Kesehatan Pelajari Nyeri Haid Indikator Endometriosis
Kesehatan

Pelajari Nyeri Haid Indikator Endometriosis

Mengenal gejala endometriosis (Foto Hermina Hospitals)

JAKARTA, Makansedap.id – Dokter spesialis kebidanan dan kandungan Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta, Dr dr Kanadi Sumapraja Sp.OG Subsp.FER menyampaikan, tanda-tanda nyeri haid yang perlu diwaspadai karena kemungkinan merupakan indikator dari endometriosis.

Rasa nyeri yang melampaui batas toleransi selama periode menstruasi bisa jadi merupakan tanda munculnya endometriosis, kelainan yang terjadi karena jaringan endometrium, bagian rahim yang menjadi tempat menempel ovum atau sel telur setelah dibuahi, tumbuh pada bagian luar dinding rahim.

Baca Juga:   Manfaat Tidur Singkat bagi Kesehatan, Begini Penjelasannya

Dalam acara diskusi kesehatan di Jakarta, Jumat, 8 Maret 2024, dr Kanadi Sumapraja mengatakan, nyeri haid bisa disebut sudah melampaui batas toleransi antara lain apabila sampai membuat perempuan terpaksa tidak masuk sekolah atau kerja dan tidak bisa beraktivitas sebagaimana biasa.

“Kalau di kantor izin tidak bisa bertugas, hanya bisa duduk saja, ini merupakan suatu hal sudah menjadi alarm bahwa ini nyeri yang sudah perlu dikonsultasikan,” kata dr Kanadi Sumapraja.

Halaman: 1 2 3
Sebelumnya

Bahaya, Penggunaan Klakson Telolet pada Bus

Selanjutnya

Tiga Legenda Ramaikan The Lounge XXI Concert Nyanyian Jiwa

makansedap.id