Kisah Onward Coffee Company, Kopi Excelsa, dan Pentingnya Digitalisasi

Otniel Christofer, pemilik Onward Coffee Company-Makansedap.id-Tokopedia
JAKARTA, Makansedap.id - Onward Coffee Company atau OCC adalah usaha kopi lokal yang didirikan oleh Otniel Christofer pada 2020. Setelah berkecimpung di industri kopi sejak 2015, Otniel terinspirasi untuk memulai usaha kopinya.
Meski awalnya usaha kopi ini dilakukan secara konvensional, Otniel pun mulai merambah penjualan online lewat Tokopedia untuk memperluas jangkauan pasar.
Otniel menjajaki kopi excelsa sekitar 3 tahun lalu, sejak mengenal beberapa pelaku usaha di industri kopi, termasuk juara ketiga World Brewers Cup 2024, Ryan Wibawa, dan petani sekaligus processor kopi, Rainaldi. Namun, saat itu kopi excelsa belum memiliki kualitas maksimal dibandingkan dengan jenis kopi yang ada di pasar.
“Kang Rainaldi adalah satu satu pelaku industri kopi yang gigih mengembangkan kopi excelsa. Sekitar tahun 2023, saya mencoba inovasi kopi ini dan ternyata bisa melengkapi kopi yang lain karena karakteristik kopi excelsa itu sendiri, termasuk manis seperti gula stevia dengan tingkat keasaman rendah. Ini yang membuat kopi excelsa bisa mengikat rasa kopi yang satu dengan yang lainnya,” ungkap Otniel dalam keterangan resmi yang dibaca Makansedap.id, Minggu, 2 Maret 2025.
BACA JUGA:Cermati Tren Belanja Online dan Industri Kopi Lokal di Tokopedia dan ShopTokopedia
Untuk menjaga kualitas produksi kopi, Onward menggandeng sekitar 20 petani dari Aceh sampai Papua yang berkomitmen untuk bekerja sama dalam menghasilkan produksi kopi sesuai pesanan.
Terlebih, permintaan kopi Onward tidak hanya datang dari pasar domestik, tetapi juga global. Untuk itu, Otniel memastikan setiap kopi yang dihasilkan memiliki standar yang baik.
Bagi Otniel sebagai salah satu pelaku usaha kopi excelsa, kemenangan Ryan Wibawa membawa efek domino yang meningkatkan minat masyarakat terhadap jenis kopi tersebut.
Onward sendiri mulai menjual kopi excelsa pada 2022 dan telah menghadirkan kopi excelsa yang berbeda, dengan karakteristik lebih halus dibandingkan produksi excelsa pada tahun sebelumnya.
BACA JUGA:Manfaat Digitalisasi Industri Kopi untuk Pertumbuhan UMKM di Indonesia
“Popularitas biji kopi excelsa turut meningkatkan antusiasme masyarakat terhadap kopi ini. Sejak itu, Onward terus mengalami peningkatan penjualan. Bahkan, kami pernah tiga kali merilis kopi excelsa dan sold out hanya dalam waktu 10 menit,” ujar Otniel.
Peran Tokopedia dan ShopTokopedia
Di Tokopedia, Onward mengalami peningkatan penjualan sekitar 30% yang berkontribusi sekitar 50% terhadap omzetnya, termasuk produk kopi eksklusif yang hanya bisa ditemukan di Tokopedia.
Ke depan, Onward juga akan memanfaatkan platform ShopTokopedia yang ada di aplikasi TikTok untuk meningkatkan penjualan sekaligus mengedukasi masyarakat untuk bisa menikmati kopi excelsa.