Usia 50 Tahun Wajib Deteksi Kanker Prostat

Usia 50 Tahun Wajib Deteksi Kanker Prostat (Foto Everyday Health)

JAKARTA, Makansedap.id – Dokter spesialis urologi, dr Rainy Umbas menganjurkan untuk melakukan deteksi kanker prostat ketika telah memasuki usia 50 tahun. Pada usia tersebut risiko munculnya kanker prostat mulai meningkat.

“Faktor risiko yang paling jelas adalah usia. Sebab, risiko kanker prostat di atas 50 tahun sudah meningkat,” kata dr Rainy Umbas dalam acara 5K Amazing Run: Ambil Kendali, Lakukan Skrining Kanker di Jakarta Pusat, Minggu, 25 Februari 2024.

Hal tersebut, kata dr Rainy Umbas, berlaku kalau tidak memiliki riwayat keluarga penderita kanker prostat. Sedangkan, apabila terdapat anggota keluarga yang memiliki riwayat penyakit tersebut, dianjurkan untuk melakukan deteksi saat memasuki usia 40 tahun.

Baca Juga:   Manfaat Tidur Singkat bagi Kesehatan, Begini Penjelasannya

Dia menyebutkan, 50% pasien kanker prostat di Indonesia baru melakukan deteksi ketika kondisi penyakitnya telah berada pada stadium lanjut.

Oleh karena itu, menurut dr Rainy Umbas, deteksi dini kanker prostat sangat penting. Sebab, apabila ditemukan potensi kanker masih pada stadium awal, penanganan yang dilakukan dapat memberikan hasil yang lebih baik.

1 2

Iklan