Waspada, Kanker Pankreas Bisa Terjadi Tanpa Gejala

Waspada Gejala Kanker Pankreas (Foto National Institutes of Health)

JAKARTA, Makansedap.id – Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Prof Dr dr Ari Fahrial Syam menyebutkan penyakit kanker pankreas bisa terjadi pada tubuh seseorang tanpa adanya gejala tertentu.

“Kalau sudah bergejala sudah terlambat. Ketika pasien matanya kuning, berat badan turun, artinya sudah kanker pankreas, telat. Oleh karena itu, saat ini kita harus mengedukasi masyarakat bahwa penyakit ini diawali dengan tanpa gejala,” kata Prof Ari Fahrial Syam dalam taklimat media yang diadakan oleh Ikatan Dokter Indonesia tentang kanker pankreas yang diikuti secara daring di Jakarta, Jumat, 5 Januari 2024.

Prof Ari Fahrial Syam menyebutkan, sejumlah ciri-ciri seperti mata menjadi kuning, berat badan turun, rasa gatal, nyeri, mual, muntah, diare, serta nyeri ulu hati, merupakan sejumlah gejala kanker pankreas yang mesti diwaspadai.

Baca Juga:   Pentingnya Cara Bijak Menggunakan Lensa Kontak

Meski demikian, Prof Ari Fahrial Syam menegaskan sejumlah gejala tersebut bukan merupakan gejala khusus dari kanker pankreas. Sebab, penyakit tersebut memiliki gejala yang bervariasi.

“Jangan abaikan, dari dulu nyeri ulu hati selalu dianggap sebagai sakit maag. Sekali lagi jangan anggap remeh nyeri ulu hati, walaupun kecil kemungkinannya. Jangan-jangan nyeri ulu hati anda ada kaitannya dengan kanker pankreas,” ujar Prof Ari Fahrial Syam.

1 2

Iklan