Penting, Setiap Orang Perlu Menyayangi Diri Sendiri

Pentingnya menyayangi diri sendiri (Foto Centerstone)

JAKARTA, Makansedap.id – Profesor psikologi di Universitas Texas, Dr Kristin Neff menyatakan, The Power of Self Compassion adalah cara perfeksionis pengejar target menyayangi diri sendiri adalah sesuatu hal yang penting.

“Hidup di masa yang serba kompetitif membuat orang cenderung memaksakan diri dalam melakukan dan menggapai banyak hal, hingga kehilangan sikap sayang pada diri sendiri. Bekerja terlalu keras tak mengenal waktu, berjibaku menaklukkan batasan dari tenggat waktu ke tenggat waktu, menentukan target demi target, dan lalu berlarian menggapai target itu. Seolah semua tak bisa ditawar dan wajib dicapai seluruhnya. Karena itu, perfeksionis pengejar target sangat penting menyayangi diri sendiri,” kata Dr Kristin Neff dalam keterangan resmi yang dibaca Makansedap.id, Selasa, 26 Desember 2023 .

Tuhan, kata Dr Kristin Neff, menciptakan waktu, ada siang dan malam. Siang adalah waktu untuk manusia bekerja dan beraktivitas. Sedangkan, malam ketika matahari telah pergi ke peraduan, merupakan waktu mengambil jeda guna mengistirahatkan tubuh. Kondisi ini membuat setiap orang perlu menyayangi diri sendiri.

Baca Juga:   Begini Cara Menghindari Obesitas Sejak Kecil

Tetapi para perfeksionis pengejar target, tak segan melawan hukum alam dengan terus giat bekerja hingga lewat tengah malam. Dia tidak memberikan hak istirahat kepada badan, kecuali hanya sedikit. Para perfeksionis perlu menyanyangi diri sendiri.

“Penganiayaan perfeksionis pengejar target terhadap tubuh yang berlangsung bertahun-tahun mengakibatkan seseorang memanen penyakit ketika memasuki masa tua, bahkan bisa lebih cepat dari itu. Apabila Anda sekarang sudah mulai mencicipi sejumlah penyakit, coba tengok ke belakang, bagaimana selama ini memperlakukan tubuh. Jangan tunggu ditegur oleh badan sendiri baru sadar akan pentingnya berperilaku hidup seimbang, sehat, dan menyayangi diri sendiri,” kata Dr Kristin Neff.

1 2

Iklan